Psikologi


Psikologi adalah disiplin ilmu yang mengkaji perilaku manusia dan proses mental manusia, serta mempelajari pengaruh kondisi mental organisma dan lingkungan eksternal individu.

Secara etimologi, konsep psikologi berasal dari bahasa Yunani kuno 'psyhce' yang berarti jiwa dan 'logia' adalah ilmu. Sehingga psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Sedangkan, secara terminologis, psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.

IPengertian psikologi menurut ahli

Beberapa ahli turut mengemukakan pendapatnya terkait pengertian psikologi, di antaranya: Plato dan Aristoteles Keduanya mengartikan psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.

Wilhelm Wundt Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul dalam diri manusia, seperti perasaan panca indra, pikiran, merasa, dan kehendak.

Singgih Dirgagunarsa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Mengutip buku "Pengantar Psikologi" oleh Adnan Achiruddin Saleh, psikologi sebagai ilmu pengetahuan juga harus memiliki sifat-sifat yang dimiliki oleh ilmu pengetahuan pada umumnya. Oleh karena itu, psikologi mempunyai objek dan metode penyelidikan tertentu, serta sistematik yang teratur sebagai hasil pendekatan terhadap objeknya. Ruang Lingkup Psikologi Masih mengutip buku yang sama, dalam memahami psikologi, tidak boleh mengabaikan cakupan dari psikologi.

Ditinjau dari objek kajiannya, psikologi dapat dilihat pada dua hal, yakni: Psikologi yang menyelidiki dan mempelajari manusia. Psikologi yang menyelidiki dan mempelejari hewan, yang lebih tegas disebut sebagai psikologi hewan. Jenis Psikologi Seiring waktu, kajian psikologi manusia dengan menggunakan hewan sebagai eksperimen sudah mulai ditinggalkan. Karena itu, psikologi lebih berfokus pada manusia, yang dapat dibedakan dalam dua hal, yakni psikologi umum dan psikologi khusus.

1. Psikologi Umum 

Psikologi yang menyelidiki dan mempelajari kegiatan atau aktivtias psikis manusia. Psikologi ini berusaha mencari dalil-dalil yang bersifat umum dari kegiatan atau aktivitas psikis. Psikologi umum memandang manusia seakan terlepas dari manusia lainnya.

2. Psikologi Khusus 

Psikologi khusus menyelidiki dan mempelajari segi-segi kekhususan dari aktivitas psikis manusia. Hal-hal yang khusus yang menyimpang dari hal-hal umum dibicarakan dalam psikologi khusus. Psikologi khusus bisa dipahami dengan menilik pada beberapa pembagiannya, di antaranya:

A. Psikologi perkembangan:

    membicarakan perkembang psikis manusia dari kandundungan (pranatal)  bayi        sampai tua.

B. Psikologi sosial: 

    membicarakan tentang tingkah laku atau aktivitas-aktivitas manusia dalam               hubungannya dengan mahluk di luar dirinya (situasi sosial.)

C. Psikologi pendidikan: 

    psikologi ini menguraikan segala kegiatan atau aktivitas manusia yang                      berhubungan dengan situasi pendidikan.(pendidikan informal, dan formal)

D. Psikologi kepribadian dan tipologi: 

    Psikologi ini menguraikan struktur pribadi manusia, mengenai tipe-tipe                      kepribadian manusia.

E. Psikapatologi: 

    Psikologi ini khusus menguraikan tentang keadaan psikis yang tidak normal             atau terkait hal-hal klinis manusia.

F. Psikologi kriminal: 

    Psikologi kriminal membahas perilaku individu yang berhubungan dengan                perilaku kejahatan atau kriminalitas.

G. Psikologi industri: 

    Psikologi ini berhubungan dengan persoalan perusahaan, misalnya manajemen       SDM, dan sebagainya. 

H. Psikologi  Komunikasi 

    Komunikasi dan psikologi adalah bidang ilmu yang saling berkaitan satu sama         lain, yaitu sama-sama melibatkan huubungan  manusia.

Menurut George A. Miller, psikologi komunikasi adalah ilmu yang berusaha menguraikan, meramalkan dan mengendalikan sifat mental dan behavioral dalam komunikasi. Ruang lingkup psikologi komunikasi Sistem komunikasi intrapersonal, membahas tentang karateristik manusia komunikan, faktor internal dan eksternal yang memengaruhi perilaku komunikasinya, sistem memori, berfikir dan sifat-sifat psikologi komunikator.   

Sistem komunikasi interpersonal, membahas tentang proses persepsi interpersonal, faktor-faktor interpersonal dan situasi yang memengaruhi persepsi interpersonal, konsep diri, atraksi dan hubungan interpersonal.

Sistem Komunikasi Kelompok, membahas tentang jenis-jenis kelompok, faktor-faktor dan pengaruhnya pada perilaku komunikasi, faktor-faktor yang memengaruhi keefektifan kelompok dan bentuk-bentuk komunikasi kelompok.

Sistem Komunikasi Massa, membahas motivasi atau faktor yang memengaruhi reaksi individu terhadap media massa, efek komunikasi massa dan karateristik isi pesan media massa.

II. Manfaat Mempelajari Psikologi Baik secara individu  

    maupun kelompok,

Mempelajari psikologi dapat memberikan manfaat bagi manusia. Adapun manfaat tersebut, antara lain manusia dapat memahami diri sendiri dan mengerti penyebab suatu perilaku dan dapat memprediksi kehidupan selanjutnya Selain itu, psikologi bermanfaat untuk membantu orang lain untuk dapat menyelesaikan masalahnya, menjadikan kehidupan lebih baik dan bahagia, memperoleh pemahaman terkait gejala jiwa dan pengertian yang lebih baik tentang tingkah laku,.


LihatTutupKomentar