Cara Guru Mengelola Pengelolaan Pengajaran.

 Ada empat tahap seorang guru profesional ketika sebelum dan sedang serta selesai melakukan pengajaran, yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian 

1. Perencanaan.

Pada tahapan perencanaan guru harus dapat

a.  menjabarkan Silabus, menjabarkan isi dari silabus ini, apakah bahasannya nanti ada yang dapat dilakukan di lab/praktik, di halaman atau diberikan penjelasan tatap muka dan atau diberikan berupa tugas kepada peserta didik.

b. Menghitung hari efektif pada kalender pendidikan ada berapa hari libur, hari hari kegiatan kesiswaan dan hari tes 1/2/3 serta hari -hari tidak efektif.

c. Buat Program Tahunan, Program Semester, kapan materi tertentu diberikan, berapa jam tatap muka/praktik di lab/praktik di lapangan. adakah kemungkunan remedial/program pengayaan.

d. bila sudah terencana dan dilakukan pengecekan, maka buatlah rencana pembelajaran, ketika menyusun Rencana Pembelajaran yang sering disebut RPP, guru sudah membuat sekenario, akan seperti apa Materi ajar disampaikan kepada peserta didik, metode, alat yang digunakan, dan apakah ada kolaborasi dengan guru mata pelajaran yang lain, bila ada peran guru dirinci sebagai apa ketika materi disampaikan, semua tersusun dengan apik dari awal sampai tahapan preetes/postes dan tes akhir.

e. buat modulnya dan diskusikan dengan guru yang lain, kurikulum dari isi modul tersebut, bi
la ada kekurangan saran dan masukan dari rekan sejawat diperlukan. Bila sudah siap maka langkah berikutnya

2. Pengorganisasian  dan Pelaksanaan 

Setelah disepakati RPPnya dapat dilaksanakan di kelas sesuai yang tertera pada baris kelas berapa RPP itu akan disampaikan. Guru mulai melakukan pembelajaran sesuai dengan apa yang tertulis pada modul pembelajaran.

Tahapan - tahapan pembelajaran dari mulai salam, sapa, senyum dan pemeriksaaan kesiapan Peserta didik, mulailah guru melakukan pembelajaran, peran guru dan peserta didik sesuai dengan skenario pada modul pembelajaran, dan diakhiri dengan kesimpulan dan tes akhir materi pembelajaran.

dari hasil PBM tadi menjadi pedoman untuk pembuatan RPP yang berikutnya di kelas tersebut, apakah ada perubahan metode atao penambahan alat dsb. dan itu terus berkembang.


LihatTutupKomentar