Teori Belajar Konstruktif

 

Teori belajar konstruktivisme merupakan suatu aliran filsafat ilmu, psikologi, dan teori belajar mengajar yang menekankan kalau pengetahuan adalah konstruksi atau bentukan dari kita sendiri.

Setiap individu belajar dengan cara membentuk pengetahuan itu dan memberi makna melalui pengalaman sebelumnya. Jadi, teori Belajar Konstruktivisme fokus pada pengetahuan yang dibangun dengan mengadaptasi informasi baru melalui pengalaman yang sudah ada.

Dalam teori Belajar Konstruktivisme, belajar adalah kegiatan aktif dimana siswa membangun pengetahuan dan pemahaman baru, mencari maknanya berdasarkan apa yang dipelajari atau sesuai pengalaman yang nyata.

Menurut  teori Belajar Konstruktivisme, pembelajaran tidak berfokus kepada guru melainkan menuntut siswa untuk lebih aktif dan kreatif. Di sini, Guru berperan untuk membantu menyediakan situasi dan umpan balik situasi agar proses pembentukan pengetahuan berjalan lancar, serta mencari dan menilai pendapat siswa.

Contoh kegiatan pembelajarannya  Guru meminta siswa untuk mengajukan pertanyaan mereka sendiri dan mencari jawaban atas pertanyaannya lewat penelitian dan pengamatan langsung.

Pembelajaran konstruktif memberikan kesempatan bagi siswa untuk menyampaikan gagasan dan menjelaskannya menggunakan bahasanya sendiri. Jadi, siswa dapat lebih berani untuk membagikan apa yang ada pada pikirannya.

Karena dalam
proses belajar siswa berpikir tentang pengalamannya, hal ini mengembangkan kemampuan mereka untuk lebih kreatif dan imajinatif, serta memperluas gambaran mereka tentang teori dan konsep pengetahuan.

Satu lagi yang tidak kalah penting dari teori Belajar Konstruktivisme adalah memberikan lingkungan belajar kondusif yang mendukung siswa untuk  mengungkapkan gagasan, serta saling menyimak dan memberikan masukan.

Dari kegiatan ini, siswa akan menarik hubungan antara pengetahuan yang sudah ada sebelumnya dengan pengetahuan baru yang diperoleh. Akhirnya, mereka dapat menarik kesimpulan, mendapatkan informasi baru, dan mengembangkan rencana untuk penyelidikan selanjutnya.

 




LihatTutupKomentar