Teori Belajar Konstruktif
Teori belajar konstruktivisme merupakan suatu aliran filsafat ilmu, psikologi, dan teori belajar mengajar yang menekankan kalau pengetahuan adalah konstruksi atau bentukan dari kita sendiri.
Setiap individu belajar dengan cara membentuk pengetahuan itu dan memberi makna melalui pengalaman sebelumnya. Jadi, teori Belajar Konstruktivisme fokus pada pengetahuan yang dibangun dengan mengadaptasi informasi baru melalui pengalaman yang sudah ada.
Dalam teori Belajar Konstruktivisme, belajar
adalah kegiatan aktif dimana siswa membangun pengetahuan dan pemahaman baru,
mencari maknanya berdasarkan apa yang dipelajari atau sesuai pengalaman yang
nyata.
Menurut teori Belajar Konstruktivisme, pembelajaran
tidak berfokus kepada guru melainkan menuntut siswa untuk lebih aktif dan
kreatif. Di sini, Guru berperan untuk membantu menyediakan situasi dan umpan
balik situasi agar proses pembentukan pengetahuan berjalan lancar, serta
mencari dan menilai pendapat siswa.
Contoh kegiatan pembelajarannya Guru meminta siswa untuk mengajukan pertanyaan
mereka sendiri dan mencari jawaban atas pertanyaannya lewat penelitian dan
pengamatan langsung.
Pembelajaran konstruktif memberikan kesempatan bagi siswa untuk
menyampaikan gagasan dan menjelaskannya menggunakan bahasanya sendiri. Jadi,
siswa dapat lebih berani untuk membagikan apa yang ada pada pikirannya.
Karena dalam
proses belajar siswa berpikir tentang
pengalamannya, hal ini mengembangkan kemampuan mereka untuk lebih kreatif dan
imajinatif, serta memperluas gambaran mereka tentang teori dan konsep
pengetahuan.
Satu lagi yang tidak kalah penting dari teori Belajar
Konstruktivisme adalah memberikan lingkungan belajar kondusif yang mendukung siswa untuk mengungkapkan gagasan, serta saling menyimak dan memberikan masukan.
Dari kegiatan ini, siswa akan menarik hubungan antara
pengetahuan yang sudah ada sebelumnya dengan pengetahuan baru yang diperoleh.
Akhirnya, mereka dapat menarik kesimpulan, mendapatkan informasi baru, dan
mengembangkan rencana untuk penyelidikan selanjutnya.