Emosi




Emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.  Emosi juga merupakan reaksi terhadap seseorang keadaan atau kejadian  

Emosi dapat ditunjukkan ketika individu merasa senang mengenai sesuatu, marah kepada seseorang, ataupun takut terhadap sesuatu.

Kata "emosi" berasal dari kata , émotion, dari émouvoir, 'kegembiraan' (bahasa Prancis) dari bahasa Latin emovere, dari e- (varian eks-) 'luar' dan movere 'bergerak'. Kebanyakan ahli meyakini bahwa emosi lebih cepat berlalu daripada suasana hati. Sebagai contoh, bila seseorang bersikap kasar, individu  akan merasa marah . Perasaan intens kemarahan tersebut mungkin datang dan pergi dengan cukup cepat tetapi ketika sedang dalam suasana hati yang buruk, individu  dapat merasa tidak enak untuk beberapa waktu. 

Klasifikasi emosi

Salah satu cara mengklasifikasikan emosi adalah berdasarkan apakah emosi tersebut positif atau negatif. Emosi-emosi positif  seperti rasa gembira dan rasa syukur  mengekspresikan sebuah evaluasi atau perasaan menguntungkan, sedangkan emosi-emosi negatif  seperti rasa marah atau rasa bersalah mengekspresikan sebaliknya. Emosi tidak dapat netral, karena apabila menjadi netral berarti menjadi nonemosional.


LihatTutupKomentar